Rabu, 15 Januari 2014

Pentingnya Pendidikan Untuk Masa Depan

Seperti kita ketahui bahwa memahami pentingnya pendidikan sangatlah penting. Oleh karena itu pemerintah pun selalu ingin meningkatkan kualitas pendidikan warga negaranya. Kualitas pendidikan tentu sangat penting bagi generasi muda. Generasi mudahlah yang akan memimpin negeri ini ke depan. Bila generasi muda tidak mendapatkan kualitas pendidikan yang memadai maka kita akan tertinggal drai bangsa bangsa lain. Di sinilah pentingnya, manfaat pendidikan yaitu untuk meningkatkan kualitas generasi muda sehingga mereka akan mampu untuk menghadapi persaingan global dunia.

Pada tataran individu, fungsi pendidikan tentu sangat jelas. Dengan mendapatkan pendidikan yang cukup kita akan bisa mendapat masa depan yang lebih baik. Saat ini mencari kerja sangatlah sulit. Bila anda tidak punya latar pendidikan yang cukup baik anda akan kalah bersaing dengan pencari kerja lain. Semakin baik jenjang pendidikan anda di harapkan anda akan semakin besar untuk mendapatkan pekerjaan yang bagus dengan gaji yang memadai untuk memungkinkan anda mendapat taraf hidup yang lebih baik. Jadi kunci masa depan adalah pendidikan.

Dalam tingkatan tertentu, pendidikan tidak hanya berfungsi untuk mencari pekerjaan. Hal ini benar adanya karena pendidikan memang tidak hanya di tujukan untuk mendapatkan kerja yang lebih baik. Pendidikan juga mengasah kemampuan dan ketrampilan kita dalam menghadapi masalah dan menyelesaikannya dengan cara yang cepat dan tepat. Itulah fungsi pendidikan yang seharusnya kita pahami. Jadi kalau ada yang bilang bahwa fungsi pendidikan adalah untuk mendapat pekerjaan tentu ini salah kaprah. Mendapat pekerjaan adalah hanya salah satu dari fungsi pendidikan

Pendidikan yang kita maksud di sini adalah pendidikan formal dan pendidikan informal. Dua duanya sangat penting. Banyak orang yang sukses dalam hidup dan banyak memberi kontribusi kepada masyarakat tanpa memiliki pendidikan formal. Banyak juga professional sukses dengan pendidikan formal yang bagus. Alangkah hebatnya bisa seseorang dengan latar akademis yang bagus di tunjang dengan pergaulan dan pendidikan informal yang memadai tentu akan menghasilkan pribadi istimewa yang bisa di andalkan. Di sini saya cuma mau bilang bahwa pendidikan formal dan pendidikan informal adalah sama pentingnya.

Saat ini sering terjadi argumentasi tentang mana yang lebih penting pendidikan formal atau pendidikan informal. Banyak orang sukses meskipun tanpa pendidikan formal yang tinggi. Di lain sisi juga banyak orang yang gagal meskipun sudah di bekali dengan pendidikan formal yang memadai. Banyak pengusaha sukses tidak lulus sarjana dan mereka malah mempunyai karyawan yang mempunyai tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Dalam hal ini kita tentunya harus bisa melihat lebih jernih. Saya pribadi berpendapat bahwa pada akhirnya semua kembali kepada diri masing masing. Bila kita adalah pribadi yang tidak pernah puas dalam hal ilmu kita akan terus mencari ilmu meskipun bukan di bangku kuliah. Di lain sisi bila anda orang yang gemar menuntut ilmu anda tidak akan puas hanya mendapatkan ilmu di bangku kuliah. Anda akan terus mencari ilmu dan pengalaman baru di luar jalur pendidikan resmi. Jdi bisa di katakan bahwa pendidikan formal dan pendidikan informal ada;lah sama sama pentingnya untuk meningkatkan kualitas diri.

Dalam sisi yang lain kita tidak bisa menutup telinga kita tentang adanya suara suara negatif tentang sistem pendidikan kita yang di pandang oleh beberapa orang sebagai system pendidikan yang tidak mendorong kreativitas kemandirian anak. Sekali lagi kita sebagai orang tua juga harus bisa mendorong kreatifitas anak. Kalaupun toh ada hal yang kita rasa kurang dan tidak di berikan di sekolah, sebagai orang tua kita bertanggung jawab dalam memberikan hal hal yang di rasa kurang maksimal di berikan di sekolah. Pendidikan anak kita adalah tanggung jawab kita bersama yaitu orang tua sekolah lembaga pendidikan dan tentunya juga tanggung jawab negara secara umum.
dikutipan"www.carakita.org"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar